Turki dan AS sepakati fase I zona aman Suriah

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar dan Menteri Pertahanan AS Mark Esper juga menyetujui pertemuan delegasi militer di Ankara

Turki dan AS sepakati fase I zona aman Suriah

ANKARA

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper pada Rabu mengadakan pembicaraan melalui sambungan telepon dan dalam kesempatan itu menyepakati untuk mengumumkan fase pertama zona aman Suriah mulai hari ini, Kamis.

Hulusi Akar and Mark Esper juga menyepakati bahwa delegasi militer kedua negara akan bertemu di Ankara dalam waktu dekat untuk membahas tahap zona aman berikutnya di Suriah, berdasarkan keterangan Kementerian Pertahanan Turki.

Akar mengatakan zona aman di bagian Timur sungai Euphrates, Suriah, perlu ditetapkan dalam kerangka prinsip yang telah ditetapkan dalam agenda agar tidak kehilangan waktu, demikian tambah pernyataan tersebut.

Pejabat militer Turki dan AS telah mencapai kesepakatan pada 7 Agustus bahwa zona aman di Suriah utara akan menjadi "koridor perdamaian" bagi warga Suriah yang terlantar yang ingin kembali ke rumah. Selain itu, kedua negara akan mendirikan Pusat Operasi Gabungan di Turki untuk mengoordinasikan pembentukan zona aman. .


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA