Terafiliasi teroris, tiga wali kota Turki diberhentikan

Tiga wali kota Partai Rakyat Demokratik (HDP) diberhentikan dari jabatannya karena dinilai memiliki hubungan dengan kelompok teror PKK

Terafiliasi teroris, tiga wali kota Turki diberhentikan

ANKARA

Kementerian Dalam Negeri Turki pada hari Senin memberhentikan tiga wali kota di wilayah timur Turki karena dianggap memiliki hubungan dalam kegiatan terorisme.

Menurut pernyataan resmi kementerian tersebut, otoritas Turki memberhentikan wali kota provinsi Diyarbakir, Mardin. dan Van. Adapun walikotanya adalah Adnan Selcuk Mizrakli, Ahmet Turk, dan Bedia Ozgokce Ertan.

Ketiga wali kota tersebut diberhentikan atas tudingan aktif melakukan kejahatan seperti memberikan dukungan atau menyebarkan propaganda untuk kelompok teror atau menjadi anggota kelompok teror.

Semua wali kota itu berasal dari Partai Rakyat Demokratik (HDP), partai dari kubu oposisi yang memiliki hubungan dengan kelompok teror PKK.

Pemerintah menunjuk para gubernur tiga provinsi tersebut untuk menggantikan sementara walikota yang diberhentikan.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA