Singapura, Malaysia sepakat turunkan ketegangan soal batas wilayah

Kesepakatan ini dicapai usai menteri luar negeri kedua negara bertemu pada Selasa di Singapura

Singapura, Malaysia sepakat turunkan ketegangan soal batas wilayah

JAKARTA

Malaysia dan Singapura sepakat untuk menurunkan ketegangan soal batas wilayah laut dan udara, lansir Channel News Asia pada Selasa.

Kesepakatan ini dicapai usai menteri luar negeri kedua negara bertemu pada Selasa di Singapura.

Malaysia sepakat menangguhkan larangan melintas bagi pesawat sipil yang selama ini diterapkan pada wilayah udara di Pasir Gudang dalam waktu dekat

Sedangkan Singapura juga sepakat menangguhkan penerapan prosedur Sistem Instrumen Pendaratan (ILS) yang berlaku di Bandara Seletar.

Penangguhan ini akan diberlakukan selama satu bulan pertama, kata Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan dalam pernyataan pers bersama.

Dalam persoalan maritim, Singapura dan Malaysia juga sepakat membentuk kelompok kerja bersama untuk membahas persoalan hukum di lapangan.

Kelompok itu diketuai oleh Perwakilan Tetap Kemlu Singapura Chee Wee Kiong dan Sekretaris Jenderal Kemlu Malaysia Muhammad Shahrul Ikram Yaakob.

Kelompok bersama itu akan melaporkan hasil kerja mereka dalam dua bulan ke depan.

"Kedua Menteri Luar Negeri juga merasa senang dengan perkembangan yang dihasilkan dari pertemuan hari ini, dan menyambut langkah positif yang telah disepakati kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalah dengan tenang dan konstruktif," ujar pernyataan bersama kedua menteri.

Hubungan kedua negara memanas setelah Malaysia berencana memperluas batas wilayahnya di Johor pada akhir Oktober lalu.

Malaysia juga berencana mengambil alih kendali ruang udara di Johor yang dikelola Singapura sejak 1974.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA