Serangan Boko Haram di Nigeria paksa ribuan orang mengungsi

Lebih dari 9.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka dalam minggu terakhir karena meningkatnya serangan teroris di daerah Molai, negara bagian Borno

Serangan Boko Haram di Nigeria paksa ribuan orang mengungsi

ABUJA

Sembilan ribu warga terpaksa mengungsi selama sepekan terakhir akibat serangan-serangan organisasi teroris Boko Haram di negara bagian Borno, Nigeria.

Menurut laporan media nasional Nigeria, lebih dari 9.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka dalam minggu terakhir karena meningkatnya serangan teroris di daerah Molai, negara bagian Borno.

Kepala sherif daerah Molai, Abba Karemi mengatakan bahwa tinggal di Molai tak lagi aman bagi mereka karena Boko Haram selalu melancarkan serangan di wilayah itu.

Karemi mengungkapkan bahwa ratusan rumah dibakar dalam serangan organisasi teroris itu dan masyarakat harus bermigrasi ke wilayah Maiduguri.

Boko Haram memulai aksi kekerasan sejak awal 2000-an. Setelah kematian pemimpinnya, Muhammad Yusuf, di tahanan Nigeria pada tahun 2009, kelompok ini melancarkan aksi kekerasan radikal yang menyebabkan sekitar 17.000 orang meninggal.

Organisasi tersebut bertanggung jawab atas penculikan sejumlah tentara dan sejak awal tahun ini mereka telah memperluas jangkauan aksi serangannya ke negara tetangga seperti Kamerun, Benin, Chad, dan Niger.

Ratusan ribu warga terpaksa meninggalkan kampung halamannya akibat serangan teror dan konflik di negara tersebut.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA