Pemerintah akan beri penghargaan kepada petugas KPPS meninggal

Pemerintah dan DPR akan mengevaluasi Pemilu 2019 menyusul banyaknya petugas yang meninggal dan kelelahan akibat pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang digelar serentak

Pemerintah akan beri penghargaan kepada petugas KPPS meninggal

JAKARTA

Pemerintah akan memberikan penghargaan kepada petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal saat menjalankan tugas pada Pemilu 2019.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan masih menunggu usulan serta anggaran yang dimiliki Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Soal anggaran nanti biar dari Bawaslu dulu fix-nya berapa yang sakit dan gugur, termasuk petugas KPPS dan anggota Polri," jelas Tjahjo di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin.

Tjahjo mengaku akan mengevaluasi Pemilu 2019 bersama dengan DPR menyusul banyaknya petugas meninggal dan kelelahan akibat pemilihan legislatif dan presiden yang digelar serentak.

"Apakah harus hari tanggal jam bulan yang sama," tambah Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo mengaku akan mengevaluasi lamanya masa kampanye dalam pemilu.

"Itu saja yang penting bagaimana membangun sebuah sistem pemilu yang demokratis, tetapi yang lebih efektif dan efisien," tambah dia.

Sebelumnya, KPU menyatakan ada 54 orang petugas KPPS meninggal dunia dan 32 lainnya sakit akibat kelelahan menjalankan tugas dalam pemilu.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA