Pemberontak Houthi Yaman klaim jatuhkan drone AS

Kelompok pemberontak mengatakan mereka menggunakan rudal yang diproduksi secara lokal untuk menembak jatuh MQ-9 Reaper

Pemberontak Houthi Yaman klaim jatuhkan drone AS

DHAMAR, Yaman

Kelompok pemberontak Houthi Yaman, Selasa, mengklaim telah menjatuhkan pesawat tak berawak AS di provinsi Dhamar, yang terletak di sebelah tenggara ibukota.

Juru bicara Houthi, Yahia Sarie mengatakan, pesawat tanpa awak tipe MQ-9 ditembak jatuh dengan rudal yang dikembangkan secara lokal yang segera akan diperkenalkan kepada publik, menurut kantor berita Saba yang dikelola Houthi.

Sarie memperingatkan pasukan koalisi yang dipimpin Saudi bahwa wilayah udara Yaman tidak akan dilanggar seperti sebelumnya dan mereka harus berpikir hati-hati sebelum mengambil langkah seperti itu.

Memperhatikan bahwa kapasitas mereka untuk menjatuhkan pesawat musuh telah meningkat, dia mengatakan beberapa hari mendatang akan menyaksikan "kejutan besar".

Sementara itu, pesawat pasukan koalisi menyerang tiga titik Houthi di kota Dhamar, menurut saksi mata.

Tidak ada komentar dari pemberontak Houthi atau pasukan koalisi tentang serangan itu.

Yaman jatuh ke dalam perang saudara pada 2014 ketika pemberontak Houthi yang didukung Iran menguasai sebagian besar negara itu, termasuk ibu kota Sanaa.

Pada 2015, Arab Saudi dan sekutunya Arab meluncurkan kampanye udara besar-besaran yang bertujuan untuk menggulung kembali keuntungan Houthi di negara miskin itu.

Kekerasan yang sedang berlangsung telah menghancurkan infrastruktur dasar Yaman, mendorong PBB untuk menggambarkan situasi sebagai "salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern".

* Ditulis oleh Sena Guler

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA