Partai kanan-tengah Austria raih posisi tertinggi dalam jajak pendapat

Partai Rakyat Austria yang dipimpin Sebastian Kurz itu meraup 37,5 persen suara

Partai kanan-tengah Austria raih posisi tertinggi dalam jajak pendapat

VIENNA

Mantan ketua penanggung jawab Partai Rakyat Austria kanan-tengah Sebastian Kurz (OVP) menempati peringkat pertama jajak pendapat parlemen Austria.

Partai itu memenangkan 37,5 persen suara dan 71 deputi pada Minggu menurut hasil resmi yang diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri Austria.

Partai Sosial Demokrat Austria (SPO) berada di urutan kedua dengan perolehan 21,2 persen, Partai Kebebasan kanan-jauh Austria (FPO) berada di urutan ketiga dengan 16,2 persen dan Partai Hijau di urutan keempat dengan 13,9 persen.

Ini merupakan jumlah suara terendah yang diperoleh SPO dalam sejarah.

FPO, mantan mitra koalisi OVP, kehilangan sekitar 10 persen suara dari pemilihan sebelumnya.

Penyebabnya terutama adalah skandal korupsi yang sekaligus memicu pemilihan cepat.

Sementara FPO kehilangan lebih banyak suara ketimbang prediksi jajak pendapat, Partai Hijau juga memperoleh lebih banyak suara ketimbang perkiraan.

Austria menggelar pemilihan 183 anggota parlemen pada Minggu.

Pemilihan itu juga akan menentukan pemerintahan ke-33 Austria, termasuk 27 orang di antaranya calon anggota parlemen yang merupakan diaspora dari Turki.

Jajak pendapat diputuskan setelah jatuhnya 17 bulan koalisi sayap kanan pada Mei, setelah Wakil Kanselir dan Ketua Partai Kebebasan Heinz Christian Strache mengundurkan diri karena skandal korupsi yang terungkap melalui rekaman video.

Selama hampir empat bulan, negara tersebut diperintah oleh mantan presiden Mahkamah Konstitusi Austria, Brigitte Bierlein—yang ditunjuk sebagai kanselir oleh Presiden Alexander Van der Bellen—dan pemerintah sementara yang dia bentuk dengan birokrat tingkat tinggi.

* Ditulis oleh Zehra Nur Duz

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA