Menteri Turki: AS bertemu kelompok teror di Suriah

Turki meyakini pihaknya tahu apa yang dibicarakan oleh AS dengan kelompok teror tersebut

Menteri Turki: AS bertemu kelompok teror di Suriah

ANKARA

Menteri Dalam Negeri Turki mengatakan pada Selasa bahwa pihak Amerika Serikat (AS) bertemu dengan organisasi teroris Partai Marxis-Leninis Komunis (MLKP) yang terlarang di Suriah dua minggu lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan jurnalis Turki Haber Turk,Menteri Suleyman Soylu mengatakan: "14 hari yang lalu di Suriah, AS bertemu dengan MLKP [yang sudah dilarang Turki] di daerah pedesaan dan kami tahu apa yang dibahas kemudian."

MLKP didirikan pada 1994 dan pada 2007 masuk dalam daftar organisasi teror aktif di Turki.

Soylu juga menyebutkan bahwa Turki sudah menyita bom dengan jumlah besar yang dalam perjalanan ke kawasan penting di Turki dari provinsi tenggara Sanliurfa pada Selasa malam.

Sementara untuk penunjukan wali kota kota di tiga provinsi yang sebelumnya dicopot, Soylu mengatakan itu adalah keputusan hukum:

"Pengangkatan wali kota kota untuk provinsi Van, Diyarbakir dan Mardin adalah keputusan hukum, bukan keputusan politik." Katanya.

Pada Senin, Kementerian Dalam Negeri mencopot wali kota Diyarbakir, Mardin dan Van - masing-masing Adnan Selcuk Mizrakli, Ahmet Turk dan Bedia Ozgokce Ertan - 

Kementerian menuduh para wali kota melakukan kejahatan seperti mendirikan atau menyebarkan propaganda untuk organisasi teroris atau keanggotaan kelompok teror. 

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA