Menteri Pertahanan Rusia, India bertemu di Moskow

Pertahanan menjadi salah satu bidang utama kerjasama antara Rusia dan India, kata menteri pertahanan Rusia

Menteri Pertahanan Rusia, India bertemu di Moskow

MOSKOW

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoygu bertemu dengan Menteri Pertahanan India Rajnath Singh di ibu kota Rusia, Moskow, pada Rabu.

Pada kesempatan itu, Shoygu mengatakan bahwa sektor pertahanan adalah salah satu bidang kerja sama utama antara Rusia dan India.

"Rusia dan India terikat oleh hubungan yang andal, solid dan bersahabat, khususnya ketika menyangkut kerja sama di bidang militer dan teknis-militer," ujar dia.

Menurut sang menteri, kedua negara memperkuat kerja sama militer dengan memperluas komunikasi antara staf umum dan angkatan bersenjata, latihan militer bersama serta pertukaran pendidikan.

Shoygu juga menyinggung soal interaksi Rusia-India dalam kerangka organisasi internasional, termasuk dalam Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO).

Sementara itu, Rajnath Singh mengatakan bahwa India merestrukturisasi bagiannya dalam komisi gabungan yang bertujuan untuk memperluas kerja sama militer dengan Rusia.

Singh menambahkan bahwa dia akan bekerja sama dengan mitranya dari Rusia dengan semangat saling percaya dan kemitraan istimewa.

India adalah pembeli senjata Rusia terbesar. Angkatan Bersenjata India menggunakan jet tempur, helikopter dan tank Rusia Su dan MiG.

Pada 2018, kedua negara menandatangani kontrak senilai USD6 miliar untuk sistem pertahanan udara S-400 dan USD500 juta kontrak untuk pengiriman dua kapal perang.

Moskow dan Delhi juga bekerja sama dalam lokalisasi produksi senjata Rusia di India.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA