Menlu Spanyol, Austria bahas Brexit

Perkembangan terbaru di parlemen Inggris membuat proses Brexit lebih rumit, kata menteri luar negeri Spanyol dan Austria

Menlu Spanyol, Austria bahas Brexit

MADRID

Menteri luar negeri Spanyol dan Austria pada Kamis bertemu di Madrid untuk membahas perkembangan Brexit.

Menteri Luar Negeri Spanyol Josep Borrell dan Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg mengatakan bahwa perkembangan yang terjadi baru-baru ini di Parlemen Inggris membuat proses Brexit menjadi lebih rumit dan tidak dapat diprediksi.

"Mungkin tali-tali itu tidak sengaja terentang, karena situasinya telah berubah total dalam 48 jam terakhir," kata Schallenberg.

Dia mengatakan bahwa Brexit telah menjadi fenomena yang berkembang dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dalam proses pemisahan Inggris dari Eropa.

Menteri luar negeri Spanyol mengatakan bahwa cara terbaik untuk memutuskan adalah melalui pemilihan dan bertanya kepada rakyat Inggris apa yang mereka inginkan.

"Suatu peristiwa yang akan mempengaruhi keamanan, ekonomi dan pekerjaan banyak orang tidak dapat diremehkan dan semua orang harus memenuhi tanggung jawab mereka," kata menteri luar negeri Austria itu.

Sementara itu, Josep Borrell mengatakan Parlemen Inggris membutuhkan waktu untuk proses Brexit, tetapi kekhawatiran Spanyol terhadap masalah Gibraltar adalah masalah yang lebih khusus dalam proses ini.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sering kali menegaskan tekadnya untuk memisahkan Inggris dari UE, dengan atau tanpa persetujuan pada 31 Oktober.

Perjanjian Brexit yang dibuat oleh mantan Perdana Menteri Theresa May dengan UE ditolak sebanyak tiga kali di parlemen.

Setelah May mengundurkan diri, Johnson terpilih sebagai perdana menteri dengan perolehan suara sekitar 150.000 dari anggota Partai Konservatif.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA