Media sosial Pro-YPG / PKK menyebarkan disinformasi

Akun mencoba memanipulasi pendapat tentang operasi perdamaian Turki dengan foto-foto yang sudah ketinggalan zaman

Media sosial Pro-YPG / PKK menyebarkan disinformasi

Akun media sosial kelompok teror YPG / PKK meningkatkan upaya disinformasi dan manipulasi tentang Operasi Mata Air Perdamaian terus berlanjut di Suriah utara.

Akun media sosial yang berafiliasi dengan YPG/PKK menggunakan foto-foto lama untuk mendiskreditkan operasi yang berupaya memberantas terorisme dan menciptakan stabilitas di wilayah perbatasan selatan.

Dalam salah satu foto, prajurit Turki terlihat di belakang seorang anak Suriah yang tampaknya memaksanya untuk pergi. Namun, pemeriksaan lebih lanjut mengungkapkan bahwa foto itu diambil pada September 2014 di Provinsi Sanliurfa, tenggara Turki.

Akun media sosial terkait teror lain mencoba memanipulasi opini publik dengan gambar seorang bayi yang sedang tersenyum digendong, mengklaim itu diambil saat Operasi Mata Air Perdamaian. Foto itu ternyata diambil pada 2014 di Sanliurfa.

Foto lain, seorang anak Suriah yang berlindung di Yunani juga digunakan seolah diambil di Suriah utara selama operasi Turki.

Dalam contoh lain, akun media sosial manipulator menggunakan foto seorang gadis Suriah yang memegang mainannya untuk menyebarkan informasi yang salah mengenai operasi perdamaian. Foto itu diambil pada Agustus 2014.

Akun-akun manipulator memposting gambar seorang ibu Suriah dan anaknya yang mengungsi di sebuah tenda kemah seolah-olah mereka harus meninggalkan rumah mereka pada malam sebelum operasi Turki. Foto itu ternyata diambil pada Maret 2016.

Akun media sosial Pro-YPG/PKK juga menggunakan foto seorang gadis Suriah yang menangis dan ibunya seolah-olah karena Operasi Mata Air Perdamaian, tetapi ini tidak ada hubungannya dengan kenyataan karena foto itu diambil pada Agustus 2015.

Turki pada Rabu meluncurkan Operasi Mata Air Perdamaian untuk melenyapkan teroris dari Suriah utara dan mengamankan perbatasan Turki, membantu pengembalian pengungsi Suriah yang aman, dan memastikan integritas teritorial Suriah.

Ankara ingin membersihkan Suriah utara di sebelah timur Sungai Efrat dari PKK teroris dan cabang Suriahnya, PYD/YPG.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan Uni Eropa - bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA