Mantan presiden Peru minta suaka ke Uruguay

Mantan Presiden Peru Garcia meminta suaka kepada Kedutaan Besar Uruguay di Lima, ibu kota Peru

Mantan presiden Peru minta suaka ke Uruguay

LIMA

Mantan Presiden Peru Alan Garcia meminta suaka kepada Kedutaan Besar Uruguay di Lima, ibu kota Peru setelah mendapatkan larangan pergi ke luar negeri karena penyelidikan kasus korupsi yang menimpanya.

Kementerian Luar Negeri Peru membenarkan dalam sebuah pernyataan bahwa Garcia telah mengajukan suaka kepada Kedutaan Besar Uruguay seusai mendapatkan larangan bepergian ke luar negeri.

Pernyataan itu menyebut permintaan perlindungan Garcia kepada Presiden Uruguay Tabare Vazquez diungkapkan oleh Kedutaan Besar Uruguay.

Kemlu Peru mengatakan, Pemerintah Uruguay perlu melakukan pertimbangan jika ingin mengabulkan permintaan Garcia itu.

Garcia yang pernah menjabat presiden Peru selama dua periode menyangkal tuduhan korupsi tersebut dan dia mengklaim bahwa dirinya menjadi korban politik.

Presiden Peru saat ini Martin Vizcarra mengomentari permintaan Garcia kepada Uruguay itu dalam akun sosial media, "Tak ada yang namanya korban politik di Peru. Kita semua warga Peru harus mematuhi undang-undang tanpa pengecualian."

Pengadilan Peru mengeluarkan larangan ke luar negeri kepada Garcia selama penyelidikan 18 bulan karena kasus suap yang menimpanya.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA