Mahathir memulai kunjungan tiga hari di Kamboja

Mahathir akan menjalin kerjasama dengan Kamboja antara lain di bidang penghindaran pajak dan sektor pariwisata

Mahathir memulai kunjungan tiga hari di Kamboja

Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad pada Senin pagi tiba di kota Phnom Penh, Kamboja, untuk kunjungan resmi selama tiga hari.

Mahathir dan istrinya, Tun Dr Siti Hasmah Mohd Ali mendarat di Bandara Internasional Phnom Penh pukul 9.35 pagi waktu setempat (10.35 pagi waktu Malaysia).

Ini adalah kunjungan resmi tiga hari Dr Mahathir setelah 25 tahun lalu, atas undangan rekannya dari Kamboja Hun Sen. seperti dikutip dari Bernama.

Mahathir akan menghadiri sesi dialog dengan sekitar 1.000 siswa dan para tamu undangan dengan tema "Menyeimbangkan Hubungan dengan Negara-negara Super dalam Konteks ASEAN" di Royal University of Phnom Penh (RUPP), universitas negeri tertua dan salah satu terbesar di Kamboja.

Perdana Menteri Malaysia juga dijadwalkan untuk bertemu dengan komunitas Muslim dan menghadiri makan malam dengan diaspora Malaysia di Kamboja sebelum mengakhiri hari pertama kunjungannya hari ini. 

Besok, Mahathir memiliki jadwal penuh di mana ia diharapkan menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Monumen Kemerdekaan Kamboja sebelum menghadiri upacara penyambutan resmi di Peace Palace.

Nantinya, Mahathir akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan mitranya dari Kamboja Hun Sen dan kedua pemimpin diharapkan untuk membahas masalah yang berkaitan dengan perdagangan dan investasi, kerja sama dalam pertanian, pertahanan dan pengembangan industri halal. 

Kedua perdana menteri itu akan menyaksikan penandatanganan Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda (DTA) dan nota kesepahaman tentang kerja sama pariwisata. Kedua perdana menteri juga diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan bersama di akhir pertemuan.

Pada hari yang sama, Dr Mahathir akan melakukan kunjungan kehormatan kepada penjabat kepala negara dan presiden Kamboja, Samdech Vibol Sena Pheakdey Say Chhum dan menghadiri dialog dengan pengusaha dan investor Malaysia, yang melibatkan 28 perusahaan Malaysia yang beroperasi di Kamboja. 

Dr Mahathir dan Dr Siti Hasmah juga akan menghadiri jamuan makan malam resmi yang diselenggarakan oleh Hun Sen. 

Sementara itu, Dr Siti Hasmah memiliki program terpisah yang meliputi kunjungan Palang Merah Kamboja dan makan siang dengan Asosiasi Wanita Kedutaan Besar Malaysia di Kamboja.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA