Kantongi visa, Menlu Iran bertolak ke AS untuk rapat PBB

Otoritas Iran belum menjelaskan apakah Presiden Iran Rouhani akan pergi ke New York pada Senin besok atau tidak

Kantongi visa, Menlu Iran bertolak ke AS untuk rapat PBB

TEHERAN/ANKARA

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif akan berpartisipasi dalam rapat Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digelar di New York, Amerika Serikat (AS) pekan depan.

Menanggapi kabar yang beredar bahwa pihak AS sudah memberikan visa masuk kepada Menlu dan Presiden Iran, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Musawi mengatakan lewat media sosial bahwa Zarif pada Jumat pagi ini akan bertolak ke New York.

Namun pernyataan jubir Kemlu Iran itu tak menjelaskan apakah Presiden Iran Rouhani akan pergi ke New York pada Senin besok.

Pada pernyataan sebelumnya, Rouhani mengumumkan tidak akan berpartisipasi dalam rapat Majelis Umum PBB jika AS tidak memberikan visa. 

Pada Agstus kemarin, Departemen Keuangan AS memasukkan Menteri Luar Negeri Iran Zarif ke daftar sanksi dengan alasan dia bekerja untuk pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Sanksi itu membuat Menlu Zarif tak dapat mengakses asetnya di AS, melarang warga AS berhubungan dagang dengannya dan larangan perjalanan ke dalam AS.

Sebagai tuan rumah markas PBB, AS wajib mengeluarkan visa bagi para diplomat yang datang ke New York untuk menghadiri pertemuan-pertemuan PBB.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA