Israel izinkan anggota Kongres AS kunjungi keluarganya di Tepi Barat

Rashida Tlaib berjanji menghormati segala aturan dan batasan dan tidak akan mempromosikan boikot terhadap Israel selama kunjungannya

Israel izinkan anggota Kongres AS kunjungi keluarganya di Tepi Barat

YERUSALEM

Israel menyetujui permintaan anggota Kongres Amerika Serikat Rashida Tlaib untuk mengunjungi keluarganya di Tepi Barat yang diduduki.

"Menteri Dalam Negeri Israel Aryeh Deri pada Jumat memutuskan menyetujui permintaan Rashida Tlaib untuk mengunjungi neneknya yang berusia 90 tahun," kata Kementerian Dalam Negeri Israel dalam sebuah pernyataan.

Persetujuan itu dikeluarkan setelah Tlaib berjanji untuk "menghormati segala peraturan dan batasan dan tidak akan mempromosikan boikot terhadap Israel" selama kunjungannya.

Pada Kamis, pemerintah Israel melarang anggota Kongres Tlaib dan Ilhan Omar untuk mengunjungi Tepi Barat yang diduduki sehingga menuai banyak kecaman.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pemerintahnya melarang kunjungan dua anggota kongres itu karena dukungan mereka untuk gerakan boikot internasional Israel.

Keduanya adalah pendukung vokal gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi pro-Palestina yang berupaya meningkatkan tekanan ekonomi pada Israel karena menindas warga dan menduduki wilayah Palestina. 


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA