Bulgaria deportasi diplomat Rusia atas tuduhan sebagai mata-mata

Diplomat Rusia yang dituduh melakukan spionase oleh jaksa Bulgaria meninggalkan negara secara tidak terhormat

Bulgaria deportasi diplomat Rusia atas tuduhan sebagai mata-mata

SOFIA, Bulgaria

Seorang diplomat Rusia yang bertugas di ibu kota Bulgaria, Sofia, dideportasi karena mengumpulkan informasi rahasia selama lebih dari setahun.

Kantor kejaksaan Bulgaria pada Senin mengatakan telah menerima informasi dari agen keamanan nasional bahwa sekretaris pertama Kedutaan Besar Rusia terlibat dalam kegiatan spionase.

Penyelidikan menunjukkan bahwa diplomat - yang namanya tidak dipublikasi - diidentifikasi mengumpulkan informasi rahasia tentang Bulgaria, Uni Eropa dan NATO sejak September lalu.

Bulgaria bergabung dengan aliansi NATO pada 2004 dan menjadi anggota UE pada 2007.

"Dia berada dibawah pengawasan dan diselidiki karena melakukan kejahatan terhadap negara dan bukti kejahatannya tidak dapat dibantah," kata jaksa penuntut.

Diplomat itu juga membayar sejumlah uang kepada sumber informasinya.

Jaksa Sotir Tzatzarov mengatakan mereka telah menutup penyelidikan karena tersangka memiliki kekebalan diplomatik, tetapi Tzatzarov telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ekaterina Zaharieva untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

Pernyataan tertulis oleh Kementerian Luar Negeri Bulgaria mengkonfirmasi bahwa diplomat itu telah meninggalkan Bulgaria.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA