Bambang Soesatyo terpilih sebagai Ketua MPR 2019-2024

Dalam pidato perdananya Bamsoet berharap MPR periode ini menjadi lembaga yang terbuka dan komunikatif, dia juga menyinggung terkait kebutuhan amandeman Undang-undang Dasar 1945

Bambang Soesatyo terpilih sebagai Ketua MPR 2019-2024

Politisi Golkar Bambang Soesatyo resmi menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

Bamsoet, sapaan akrabnya, terpilih secara aklamasi dalam rapat paripurna pada Kamis malam.

Fraksi Gerindra yang semula ngotot mengusung sekjen mereka, Ahmad Muzani, akhirnya juga menyetujui Bamsoet sebagai Ketua MPR.

Persetujuan tersebut dipastikan oleh Ketua Fraksi Gerindra Ahmad Riza Patria setelah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berkonsultasi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

Bamsoet sebelumnya merupakan Ketua DPR RI periode 2014-2019.

DPR pimpinan Bamsoet menuai kecaman publik di penghujung periode karena mengesahkan Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) yang dianggap melemahkan lembaga anti-rasuah tersebut.

Dalam pidato perdananya, Bamsoet berharap MPR periode ini menjadi lembaga yang terbuka dan komunikatif bagi para anggotanya. Dia juga menyinggung terkait kebutuhan amandeman Undang-undang Dasar 1945.

“Terutama dalam menyikapi kebutuhan amandemen Undang-undang Dasar 1945. Tentunya, pilihan atas itu harus mengedapankan pada rasionalitas dan konsekuensi,” kata Bamsoet di Jakarta.

“Serta yang paling penting tidak merusak tatanan kehidupan bernegara berdasarkan Pancasila sebagai sumber hukumnya,” lanjut dia.

Dengan demikian, komposisi pimpinan MPR telah terbentuk.

Sehari sebelumnya MPR telah menetapkan pimpinan fraksi yakni Ahmad Basarah (Fraksi PDIP), Ahmad Muzani (Fraksi Gerindra), Bambang Soesatyo (Fraksi Golkar), Lestari Moerdijat (Fraksi Nasdem), Syarif Hasan (Fraksi Demokrat), Jazilul Fawaid (Fraksi PKB), Hidayat Nur Wahid (Fraksi PKS), Zulkifli Hasan (Fraksi PAN) dan Arsul Sani (Fraksi PPP) dan Fadel Muhammad (DPD).

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA