Wiranto: Belum ada protes dari negara lain soal asap kebakaran hutan di Indonesia

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan hingga kini asap dari kebakaran hutan dan lahan belum melewati perbatasan negara lain

Wiranto: Belum ada protes dari negara lain soal asap kebakaran hutan di Indonesia

Pemerintah mengklaim belum ada protes dari negara lain dari dampak kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan hingga kini asap dari kebakaran hutan dan lahan belum melewati perbatasan negara lain.

"Mudah-mudahan tidak ada ya sehingga tidak menjadi protes negara lain karena kita tahu bahwa Indonesia dianggap sebagai paru-paru dunia," ujar Wiranto di kantornya pada Rabu.

Itu sebab kata dia, pemerintah tengah berusaha untuk menekan agar dampak kebakaran hutan dan lahan tidak menyebar ke negara lain.

"Kalau ada kebakaran menjadi perhatian dunia. Kita menjadi bahan pembicaraan internasional bahwa seakan tak bisa menjaga paru-paru dunia itu," tambah dia.

Pada awal Agustus lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo mengaku malu karena Malaysia dan Singapura terdampak asap kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Apalagi asap kebakaran hutan menjadi sorotan utama media di kedua negara tersebut pada Minggu 4 Agustus lalu.

Presiden yang akrab disapa Jokowi itu meminta masalah kebakaran hutan untuk segera diselesaikan karena pekan ini dia akan berkunjung ke dua negara itu.

"Mereka udah senang empat tahun tidak pernah ada jerebu [asap]... tahun ini meskipun tidak dalam skala yang seperti 2015 mulai ada lagi," kata Jokowi saat membuka Rakornas mengenai kebakaran hutan dan lahan pada Selasa di Jakarta.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA