Turis Malaysia terbanyak datang ke Indonesia pada Oktober

Kunjungan turis asal Malaysia pada Oktober mencapai 241,1 ribu turis atau 17,8 persen dari total turis asing pada bulan tersebut

Turis Malaysia terbanyak datang ke Indonesia pada Oktober

Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan dari jumlah 1,35 juta turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, sebagian besarnya berasal dari Negeri Jiran.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan kunjungan turis asal Malaysia pada Oktober mencapai 241,1 ribu turis atau 17,8 persen dari total turis asing pada bulan tersebut.

“Jumlah ini meningkat 3,09 persen dari September dan meningkat 38,7 persen dari Oktober tahun lalu,” jelas dia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Bila dilihat secara total, kunjungan turis asal Malaysia ke Indonesia pada Januari-Oktober tahun ini mencapai 2,58 juta kunjungan, tumbuh 24,66 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Kemudian, turis asal China menjadi yang terbesar kedua datang ke Indonesia pada Oktober dengan jumlah 160,4 ribu kunjungan, atau 11,9 persen dari total turis asing pada bulan tersebut.

Berdasarkan keterangan BPS, jumlah turis asal China pada Oktober tahun ini berkurang 7,33 persen dari bulan sebelumnya, dan juga berkurang 12,5 persen dari bulan yang sama pada tahun lalu.

“Sepanjang tahun ini pada Januari hingga Oktober, jumlah turis asal China mencapai 1,77 juta kunjungan, turun 5,28 persen dari periode yang sama tahun lalu,” ungkap Suhariyanto.

Selanjutnya, turis asal Singapura berada di posisi ketiga dengan jumlah turis pada Oktober sebanyak 145,2 ribu kunjungan atau 10,7 persen dari total turis asing pada bulan tersebut.

Jumlah turis asal Singapura meningkat 6,68 persen dari Oktober tahun lalu, namun turun 8,96 persen dari bulan sebelumnya.

Secara total, jumlah turis asal Singapura yang datang ke Indonesia pada periode Januari-Oktober tahun ini mencapai 1,55 juta kunjungan, tumbuh 12,88 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Suhariyanto menambahkan turis terbanyak lainnya yang datang ke Indonesia pada Oktober berasal dari Australia dengan jumlah 131,9 ribu atau 9,7 persen dari total turis yang datang.

Jumlah tersebut meningkat 13 persen dari Oktober tahun lalu, namun turun 4,85 persen dari bulan sebelumnya.

“Sepanjang tahun ini hingga Oktober jumlah turis asal Australia sebanyak 1,14 juta kunjungan meningkat 5,28 persen dari periode yang sama tahun lalu,” ujar Suhariyanto.

Di posisi kelima jumlah turis terbanyak yang datang ke Indonesia pada Oktober ditempati oleh Timor Leste dengan jumlah 92 ribu atau 6,8 persen dari total turis asing.

Jumlah tersebut turun 8,32 persen dari bulan sebelumnya dan juga turun 36,66 persen dari Oktober tahun lalu.

Secara keseluruhan sepanjang tahun hingga Oktober, jumlah turis asal bekas provinsi ke-27 Indonesia tersebut mencapai 1,01 juta, turun 30,62 persen dari periode yang sama tahun lalu.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA