Siklon tropis Lili muncul, BMKG ingatkan potensi gelombang tinggi

Angin dengan kecepatan tertinggi terpantau di Samudera Hindia bagian selatan, Perairan Kepulauan Sermata hingga ke Letti dan Laut Arafuru bagian barat

Siklon tropis Lili muncul, BMKG ingatkan potensi gelombang tinggi

JAKARTA

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gelombang tinggi berpotensi terjadi di sejumlah perairan di Indonesia seiring munculnya siklon tropis Lili.

Kepala Sub Bidang Analisis dan Prediksi Meteorologi Maritim BMKG Rismanto Effendi mengatakan kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia bagian selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat, Perairan Kepulauan Sermata hingga ke Letti dan Laut Arafuru bagian barat.

“Di ketiga wilayah itu berpotensi terjadi gelombang setinggi 4-6 meter,” ujar Rismanto, Jumat, dalam keterangannya.

Rismanto menerangkan saat ini siklon tropis Lili dengan pusat tekanan 997 hPa berada di Laut Arafuru bagian barat.

Siklon itu, lanjut Rismanto, memiliki pola tekanan rendah 1010 hPa di Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung dan pola sirkulasi di Samudera Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai.

Rismanto menjelaskan angin dengan kecepatan hingga 20 knot berada di wilayah utara Indonesia, sedang angin dengan kecepatan hingga 40 knot berada di wilayah selatan Indonesia.

Selain itu, lanjut Rismanto, gelombang tinggi hingga 4 meter juga berpotensi terjadi di perairan barat Pulau Sumatera, sebelah selatan Selat Sunda dan selatan Perairan Nusa Tenggara Timur.

BMKG memperkirakan gelombang tinggi akan terjadi hingga Senin 13 Mei 2019.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA