Presiden tunjuk Kepala BNPB baru untuk perkuat koordinasi

Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi itu tidak mengaku tidak menghiraukan status Doni yang merupakan perwira aktif TNI Angkatan Darat

Presiden tunjuk Kepala BNPB baru untuk perkuat koordinasi

JAKARTA

Presiden RI Joko Widodo menyatakan dipilihnya Doni Munardo sebagai Kepala BNPB agar bisa melakukan koordinasi dari tingkat pemerintah daerah hingga tingkat Komando Resor Militer (Korem).

"Kita harus tahu dan sadar bahwa negara ini dikeliling oleh cincin api Ring of Fire. Sehingga perlu sebuah manajemen yang kuat membutuhkan sebuah kepemimpinan yang kuat untuk mengkonsolidasi," ujar Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Rabu.

Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi itu tidak mengaku tidak menghiraukan status Doni yang merupakan perwira aktif TNI Angkatan Darat.

"Saya melihat adalah manajemen yang kuat, tindakan yang cepat di lapangan," jelas dia.

Dia menegaskan posisi Kepala BNPB tetap berada di bawah Presiden dan memiliki jabatan setingkat menteri.

Dia mengingatkan kepada Doni Munardo mengenai masih banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Di antaranya rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Palu di Sulawesi Tengah.

"Kemudian masih kita ada lagi pekerjaan besar di Lampung. pekerjaan besar dari pak Doni masih banyak lagi, itu yang saya sampaikan membutuhkan manajemen yang kuat lapangan yang kuat," jelas dia.

Presiden RI Joko Widodo hari ini resmi melantik Letnan Jenderal TNI Doni Munardo sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Doni Munardo merupakan perwira aktif TNI Angkatan Darat yang sebelumnya menjabat sebagai Sekjen Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) RI

Pelantikan Kepala BNPB tersebut berdasarkan ‎Keputusan presiden RI No 5/P Tahun 2019.

Doni Munardo merupakan lulusan Akademi Militer 1985. Doni pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Pasukan Khusus (Danjen Kopassus pada 2015 - 2017.

Karier Doni cukup cemerlang, setelah menjabat Danjen Kopassus, Pria kelahiran Cimahi itu menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) sejak 2012 - 2014

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA