Presiden Jokowi seleksi nama calon dewan pengawas KPK

"Sangat dimungkinkan. Kan kalau pensiun boleh dong masuk ke dalamnya (dewan pengawas KPK]. Tentu [penegak hukum] yang tidak aktif," kata juru bicara presiden

Presiden Jokowi seleksi nama calon dewan pengawas KPK

Presiden Joko Widodo tengah menyeleksi nama-nama calon Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan nama-nama yang diseleksi merupakan hasil usulan dari banyak pihak yakni akademisi, intelektual, kelompok agama dan kelompok masyarakat.

"Umumnya nama-nama dewan pengawas KPK ada dari [kalangan] hukum pasti ada, tapi juga ada pihak non-hukum," ujar Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa.

Fadjroel menyebut bahwa calon Dewan Pengawas KPK merupakan orang-orang yang memiliki keahlian tertentu dan bisa bekerja sama.

Selain itu juga nama-nama yang dipilih nantinya bisa menentukan sikap yang sama dengan pemerintah yang anti terhadap tindak pidana korupsi.

Dia pun menyebut tidak menutup kemungkinan jika Dewan Pengawas KPK nantinya berasal dari mantan penegak hukum.

"Sangat dimungkinkan. Kan kalau pensiun boleh dong masuk ke dalamnya. Tentu [penegak hukum] yang tidak aktif," pungkas dia.

Sebelumnya, Dewan Pengawas KPK akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo bersamaan dengan Komisioner KPK periode 2019 - 2023 yang telah dipilih oleh DPR.

Dewan Pengawas KPK ini akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo langsung sesuai dengan UU No 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA