Presiden Joko Widodo terima surat kepercayaan dari Dubes Argentina baru

Joko Widodo juga menerima 13 surat kepercayaan dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh negara sahabat lainnya

Presiden Joko Widodo terima surat kepercayaan dari Dubes Argentina baru

Presiden Indonesia Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari Duta Besar (Dubes) Argentina untuk Indonesia Gustavo Arturo Torres di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini.

Gustavo melanjutkan kerja mantan Dubes Argentina untuk Indonesia sebelumnya, Ricardo Luis Bocalandro.

Gustavo akan sekaligus melanjutkan Joint Statement on the Establishing of Working Group on Trade and Investment (WGTI) yang diteken perwakilan kedua negara pada 26 Juni lalu.

Argentina merupakan mitra dagang Indonesia terbesar kedua di Amerika Selatan, setelah Brazil.

Kementerian Perdagangan mencatat nilai perdagangan kedua negara USD2 miliar pada 2018, naik 18 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Ekspor utama Indonesia ke Argentina di antaranya karet alam, mesin piston pembakaran, alas kaki dan aksesoris kendaraan bermotor.

Sedang impor utama Indonesia dari Argentina berupa gandum, kedelai, kapas dan pipa baja.

Selain itu, Joko Widodo juga menerima surat kepercayaan dari 13 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) lainnya.

Yaitu Duta Besar Iran Mohammad Khosh Heikal Azad, Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket, Duta Besar Belanda Lambertus Christiaan Grijns, dan Duta Besar Kanada Cameron MacKay.

Ada juga Duta Besar Republik Prancis Olivier Chambard, Duta Besar Republik Azerbaijan Jalal Mirzayev, Duta Besar Republik Yunani Apostolos Baltas, dan Duta Besar Republik Demokratik Rakyat Laos Phomma Sidsena. 

Presiden juga menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Republik Zimbabwe Sophia Nyamudeza, Duta Besar Republik Sierra Leone Ernest Mbaimba Ndomahina yang berkedudukan di Beijing, Duta Besar Republik Demokratik Federal Nepal Udaya Raj Pandey yang berkedudukan di Kuala Lumpur, Duta Besar Republik Niger Leko Ado yang berkedudukan di New Delhi, dan Duta Besar Montenegro Darko Pajovic yang berkedudukan di Beijing.

Saat menerima surat kepercayaan dari 14 negara sahabat itu, Joko Widodo didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Setelah itu, Joko Widodo mengajak para dubes untuk berdiskusi satu per satu di beranda Istana Merdeka.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA