Polri, TNI tingkatkan pengamanan jelang peringatan deklarasi Papua Merdeka

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Asep Adi Saputra mengatakan pihaknya mengutamakan upaya pencegahan agar situasi tetap kondusif

Polri, TNI tingkatkan pengamanan jelang peringatan deklarasi Papua Merdeka

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meningkatkan pengamanan di Papua menjelang peringatan hari deklarasi manifesto politik Papua Merdeka pada 1 Desember.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Asep Adi Saputra mengatakan pihaknya mengutamakan upaya pencegahan agar situasi tetap kondusif.

“Kami melakukan upaya preventif, melakukan himbauan, patroli rutin juga ditingkatkan dan tetap menjaga kondusifitas di Papua,” kata Asep di Jakarta, Jumat.

Dia menuturkan situasi di Papua sejauh ini masih aman dan terkendali.

“Ini ditandai dengan aktivitas masyarakat, sentra ekonomi semuanya tertib sebagaimana hari-hari dalam kondisi normal,” kata dia.

Asep menuturkan pengamanan pada 1 Desember, yang jatuh pada Minggu, akan fokus pada penyelenggaraan ibadah rutin umat Nasrani di Papua.

Selain itu, Polri dan TNI juga menyiapkan pengamanan hingga perayaan Natal dan Tahun Baru di Papua.

“Karena di Papua sendiri, kegiatan natal dan tahun baru ini mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat di Papua,” tutur dia.

United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) telah menerbitkan seruan agar masyarakat Papua memperingati hari tersebut.

Sedangkan Polri meminta masyarakat tidak menggelar kegiatan atau perayaan terkait peringatan 1 Desember untuk menghindari “hal-hal yang tidak diinginkan”.

Sebab dalam patroli siber Polri menemukan ajakan-ajakan "provokatif" menjelang hari peringatan itu.

Pemerintah sebelumnya menuding ULMWP berada di balik kerusuhan di berbagai kota di Papua yang dipicu isu rasialis. Selain itu, pemerintah memandang ULMWP sebagai gerakan separatis.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA