Pemerintah cairkan bantuan gempa dan tsunami Sulteng Rp1,9 triliun

Korban rumah rusak berat akan mendapatkan bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta

Pemerintah cairkan bantuan gempa dan tsunami Sulteng Rp1,9 triliun

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah mencairkan bantuan sebesar Rp 1,9 triliun untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan dana hibah daerah tersebut akan diberikan kepada tiga bupati dan satu walikota di Sulawesi Tengah.

"Dana ini diharapkan dalam waktu tujuh hari kerja sudah masuk ke rekening kas daerah," ujar Doni Monardo, di Kantor Presiden pada Selasa.

Dana ini juga meliputi dana yang akan ditransfer ke rekening korban perorangan yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana tersebut.

"Baik yang rumah berat, sedang, ringan masing-masing Rp50 juta, Rp25 juta, dan Rp10 juta," tambah dia.

Sementara mengenai rumah yang akan direlokasi mencapai 11.643 unit.

"Terdiri dari relokasi yang akan dikerjakan PUPR 8.788 unit, dan bantuan dari AHA Center 75 unit rumah, Mayapada 100 unit rumah, dan Buddha Tsuzhi 2.500 unit rumah. Khusus relokasi masih ada persoalan, namun atas perintah Wapres segera dituntaskan terkait masalah lahan, kekurangan lahan 15 ha," jelas dia.

Bencana gempa mengguncang sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah pada tahun lalu. Akibat bencana tersebut 4340 orang meninggal.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA