Pemerintah buka blokir internet di Sorong, Manokwari

Saat ini tersisa dua wilayah di Provinsi Papua yang pemblokiran data internetnya belum dibuka yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura

Pemerintah buka blokir internet di Sorong, Manokwari

Pemerintah telah membuka blokir layanan data internet di Sorong dan Manokwari Pada Rabu siang.

Dengan demikian, akses internet di seluruh wilayah Papua Barat telah kembali normal.

“Kota Manokwari dan Sorong akhirnya dibuka layanan data internetnya setelah mendapatkan kepastian mengenai kondusivitas kedua wilayah,” kata Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ferdinandus Setu melalui siaran pers, Rabu.

Saat ini tersisa dua wilayah di Provinsi Papua yang pemblokiran data internetnya belum dibuka yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Pemerintah masih akan memantau situasi keamanan di Jayapura dalam satu hingga dua hari ke depan.

Menurut Ferdinandus, sebaran informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait isu Papua telah menurun sejak 31 Agustus 2019.

Puncak penyebaran hoaks terjadi pada 30 Agustus 2019 dengan jumlah uniform resource locator (URL) mencapai 72.500.

Penyebaran hoaks terus menurun menjadi 42 ribu URL pada 31 Agustus, 19 ribu URL pada 1 September, lalu 6.060 URL pada 6 September.

Pemerintah sebelumnya memblokir layanan data internet di Papua dan Papua Barat sejak 21 Agustus sebagai respons terhadap gelombang unjuk rasa yang berujung ricuh di berbagai wilayah.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA