KTT Perubahan Iklim momentum pemuda Indonesia peduli lingkungan

Indonesia akan diwakili oleh Vania Santoso, 27, yang merupakan pendiri heySTARTIC

KTT Perubahan Iklim momentum pemuda Indonesia peduli lingkungan

Indonesia akan ikut serta dalam menyelenggarakan KTT Anak Muda untuk Perubahan Iklim pada 21 September mendatang.

Indonesia akan diwakili oleh Vania Santoso, 27, yang merupakan pendiri heySTARTIC.

HeySTARTIC adalah inovasi sosial yang bertujuan meningkatkan kesadaran atas perubahan iklim melalui produk-produk daur ulang.

Vania mengatakan KTT ini sangat penting karena ini menunjukkan kekuatan pemuda bukan jargon semata di PBB.

Menurut dia, PBB memberikan ruang bagi anak muda untuk tidak hanya menjadi obyek, tetapi juga subyek yang berkontribusi langsung dalam proses pengambilan keputusan.

“Tidak hanya menjadi generasi penerus di masa depan, tetapi juga menjadi generasi sekarang yang memang sudah dan sedang melakukan aksi nyata,” kata dia dalam siaran pers UNICEF kepada Anadolu Agency pada Selasa.

Vania mengaku sering berinteraksi dan berkolaborasi dengan generasi muda yang sudah sadar lingkungan dan memiliki aksi nyata.

Meski, kata dia, ada juga generasi muda yang masih cuek terhadap isu lingkungan.

“Karenanya ekosistem mendukung yang melibatkan berbagai pihak itu penting untuk bisa saling menjadi katalis yang mempercepat perubahan, tidak jalan sendiri-sendiri,” terang Vania.

Vania mengaku pegiat lingkungan harus bisa masuk ke anak muda dengan pendekatan bahasa yang mudah dipahami dan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Dia mencontohkan aksinya menghadirkan produk daur ulang yang tetap fashionable dan fungsional dapat membuat pemuda peduli lingkungan.

Misalnya, kata dia, produk tas heySTARTIC, sisi luarnya daur ulang kertas semen, sedangkan sisi dalamnya terbuat dari kardus susu.

“Hasil produknya digunakan oleh perusahaan sebagai merchandise mereka, seperti menjadi tas seminar,” terang dia.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA