KPK: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia membaik daripada negara lain

Peringkat Indonesia tak beranjak, tapi negara ASEAN lainnya seperti Vietnam, Thailand serta Malaysia justru mengalami penurunan.

KPK: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia membaik daripada negara lain

JAKARTA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Indeks Persepsi Korupsi (CPI) Indonesia membaik dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan berdasarkan hasil pengamatan sejumlah lembaga internasional, Indonesia berada di peringkat 37 pada 2018. Menurut dia peringkat tersebut sama dengan 2017 lalu.

Namun, kata Agus, jika dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya seperti Vietnam, Thailand serta Malaysia mengalami, peringkat negara-negara itu mengalami penurunan.

"Tapi dibanding banyak negara Malaysia turun, Filipina turun," ujar Agus Rahardjo saat memperingati hari Antikorupsi Sedunia di Jakarta pada Selasa.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan negara lain yang memiliki penduduk lebih dari di atas 30 juta orang, CPI Indonesia paling baik di dunia.

"Indonesia perlu kita hargai. ini kerja keras pemerintah," tambah dia.

Dia pun menyebut jika dibandingkan 1998, Indonesia sebagai negara yang paling rendah CPI-nya di ASEAN.

Meski mengalami peningkatan, Presiden RI Joko Widodo mengakui masih membutuhkan beberapa hal yang harus dibenahi untuk memperbaiki Indeks Persepsi Korupsi Indonesia.

Dia meminta kepada pihak-pihak yang mengkritisi mengenai kondisi korupsi di Indonesia menggunakan data.

"Jangan sampai ada yg bilang korupsi kita stadium 4, tidak ada," jelas dia saat menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Jakarta.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA