Kepala negara tetangga sampaikan selamat kepada Jokowi

Para kepala negara tersebut menyampaikan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia

Kepala negara tetangga sampaikan selamat kepada Jokowi

Sejumlah kepala negara menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo terkait pelantikannya menjadi presiden Republik Indonesia untuk kedua kalinya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ucapan selamat itu disampaikan saat Presiden Jokowi --sapaan akrab Presiden-- menerima kunjungan kehormatan sejumlah kepala negara pada Minggu pagi.

Sejumlah kepala negara yang melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta di antaranya PM Australia Scott Morrison, Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, PM Singapura Lee Hsien Loong.

Retno mengatakan kepala negara tersebut juga menyampaikan komitmennya untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia.

"Presiden Joko Widodo juga menyampaikan tentunya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para tamu yang sebagian juga terbang dari jauh untuk menghadiri acara inagurasi ini," ujar Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Minggu.

Sultan Hassanal Bolkiah kata Retno dalam pertemuan berterima kasih atas kontribusi WNI yang ada di negaranya dalam mendukung pembangunan ekonomi di sana.

"Sultan mengatakan kita tidak pernah punya maslaah. Yang ada hanya kita ingin terus memperkuat," tambah dia.

"Sementara dengan PM Australia, pertemuannya adalah bersifat tete a tete. Jadi saya tidak berada di pertemuan tersebut bapak hanya bicara dengan beliau," jelas dia.

Sementara dengan PM Singapura Lee Hsien Loong, Joko Widodo membahas mengenai tindak lanjut kerja sama digital dan ekonomi.

"Tampaknya perdana menteri juga melakukan beberapa pertemuan dengan perusahan-perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang digital ekonomi," jelas dia.

Sementara dengan PM Kamboja, Retno mengatakan kedua kepala negara membahas mengenai kerja sama ekonomi.

Karena memiliki hubungan politik yang baik, Presiden Jokowi menginginkan agar kedua negara memperkokoh hubungan ekonomi.

"Dan sekarang kita sedang menawarkan beberapa produk industri strategis Indonesia termasuk diantaranya adalah dari PT Inka," tambah dia.

Setelah pelantikan kata Retno, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Cina Wang Qishan, Wakil Presiden Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh dan sejumlah utusan kepala negara lainnya.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA