Kemenag rekomendasikan perpanjang izin FPI

FPI dianggap telah memenuhi persyaratan permohonan rekomendasi organisasi kemasyarakatan (ormas) yang diatur dalam Peraturan Menteri Agama No 14 Tahun 2019.

Kemenag rekomendasikan perpanjang izin FPI

Kementerian Agama merekomendasikan Kementerian Dalam Negeri agar memperpanjang izin ormas Front Pembela Islam (FPI).

Berdasarkan keterangan resminya, Kementerian Agama telah mengeluarkan rekomendasi pendaftaran ulang Surat Keterangan Terdaftar (SKT).

Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa FPI telah memenuhi persyaratan permohonan rekomendasi organisasi kemasyarakatan (ormas) yang diatur dalam Peraturan Menteri Agama No 14 Tahun 2019.

“Seluruh persyaratan yang diatur dalam PMA 14/2019 sudah dipenuhi oleh FPI. Sehingga, kami keluarkan rekomendasi pendaftaran ulang SKT nya,” tegas M Nur Kholis di Jakarta pada Kamis.

Menurut dia, ada beberapa peryaratan yang diatur dalam PMA tersebut, antara lain dokumen pendukung yang mencakup akte pendirian, program kerja, susunan pengurus, surat keterangan domisili, NPWP, surat pernyataan tidak dalam sengketa kepengurusan atau dalam perkara pengadilan, surat pernyataan kesanggupan melaporkan kegiatan, dan surat pernyataan setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945, serta tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

“Siapapun yang setia NKRI, Pancasila, dan UUD 1945, harus diterima, dirangkul, dibina, dan diajak kerja sama agar bisa ikut membangun bangsa,” tambah dia.

M Nur Khalis menegaskan bahwa kewenangan kementerian agama hanya menerbitkan rekomendasi.

Rekomendasi itu hanyalah salah satu syarat dari sekian persyaratan yang harus dipenuhi oleh ormas jika akan memperpanjang SKT.

“Rekomendasi kemenag sudah diserahkan ke kemendagri yang berwenang menerbitkan SKT," kata dia.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA