Kapolri pastikan kondisi keamanan jelang pemilu

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengaku sudah menyiapkan sejumlah strategi dalam mengamankan tempat pemungutan suara (TPS)

Kapolri pastikan kondisi keamanan jelang pemilu

JAKARTA

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memastikan kondisi di dalam negeri pada pemilu nanti berjalan aman dan lancar.

Menurut dia, menjelang hari pencoblosan pada 17 April mendatang tidak terjadi adanya gangguan yang bisa mengganggu jalannya pemilu.

Meski demikian, dia mengakui terjadi konflik kecil antara pendukung di sejumlah daerah di antaranya Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Dia juga mengakui kepolisian melakukan operasi penangkapan teroris di dua daerah yakni di Sumatera Utara dan Jawa Barat menjelang Pemilu.

"Kita yakin keamanan dalam kondisi keamanan under control. Dan kita sudah kerahkan aparat keamanan dan LSM jadi sejauh ini semua daerah siap dan stabil," jelas dia.

Tito juga mengaku sudah menyiapkan sejumlah strategi dalam mengamankan tempat pemungutan suara (TPS).

Kepolisian kata dia akan menyiagakan personelnya dalam jumlah yang standar di TPS yang tidak rawan konflik

"Untuk yang aman ini kriterianya yang di satu tempat didominasi pendukung A dan B potensinya kecil," kata Tito.

Sementara untuk TPS yang berada di wilayah rawan atau pernah terjadi konflik, Tito akan menerjunkan personil tambahan serta bantuan TNI dan LSM.

"Kita lakukan penebalan patroli gabungan dan pos gabungan TNI Polri di daerah yang rawan tertekan secara psikologis. Misalnya di daerah yang padat penduduk dan gampang diprovokasi," tambah dia.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA