Indonesia-Turki tegaskan komitmen kerja sama industri pertahanan

Bertemu Menhan Prabowo, Presiden Erdogan tegaskan perhatian khusus Turki pada Indonesia, termasuk soal pertahanan

Indonesia-Turki tegaskan komitmen kerja sama industri pertahanan

Indonesia dan Turki berkomitmen meningkatkan kerja sama pertahanan dan industri pertahanan kedua negara, setelah Menteri Pertahanan Prabowo diterima Presiden Erdogan di Ankara.

“Menhan Prabowo menyampaikan keinginan Indonesia untuk memperkuat kerja sama pertahanan dan industri pertahanan,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, dalam siaran persnya, Sabtu.

“Sementara Presiden Erdogan menegaskan kembali perhatian Turki terhadap hubungannya dengan Indonesia, termasuk bidang pertahanan.”

Saat bertemu dengan menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar, Menteri Prabowo berharap segera ada pembicaraan soal perjanjian pertahanan kedua negara.

“Tidak hanya peningkatan kemampuan alutsista yang menjadi perhatian dalam pertemuan-pertemuan tersebut, tapi juga kapasitas personil TNI mendapatkan perhatian.

“Karena itu kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan akan mendapatkan porsi perhatian yang signifikan dan akan segera dimulai,” ujar Dubes Iqbal.

Menteri Prabowo juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua Presidensi Industri Pertahanan (SSB) Ismail Demir.

SSB adalah lembaga yang dipimpin langsung oleh Presiden Turki dan membawahi seluruh industri pertahanan di Turki.

Menteri Prabowo juga melakukan kunjungan lapangan ke Armada Utama Angkatan Laut Turki di Gölcük, Kocaeli pada Rabu 27/11.

DI tempat tersebut dia bertemu dengan Komandan Armada Utama, Laksamana Ercument Tatlioglu dan meninjau kapal perang kelas Corvet terbaru produksi Turki, TCG Kinaliada.

Sebelumnya Indonesia dan Turkey memiliki kerjasama yang kuat di bidang pertahanan.

Kedua negara sudah memiliki MoU tentang Kerjasama Industri Pertahanan sejak 2010 dan akan diperluas melalui MoU Kerjasama Pertahanan yang diharapkan akan ditandatangani pada 2020.

Indonesia-Turki juga sudah berhasil mengembangkan bersama tank kelas menengah (medium tank) dengan teknologi terbaru. Tank tersebut diharapkan sudah akan mulai diproduksi bersama tahun depan.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA