Indonesia minta RIzieq Shihab melapor ke KBRI soal pencekalan

"Untuk itu kami tidak bisa berbuat apa-apa karena urusannya bukan dengan pemerintah Indonesia sebenarnya," ujar Mahfud di kantornya pada Rabu

Indonesia minta RIzieq Shihab melapor ke KBRI soal pencekalan

Pemerintah Indonesia kembali membantah telah melakukan pencekalan atau penangkalan terhadap Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang berada di Jeddah, Arab Saudi untuk kembali ke Indonesia.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan telah mengecek di sejumlah kementerian dan memastikan tidak ada pencekalan.

"Untuk itu kami tidak bisa berbuat apa-apa karena urusannya bukan dengan pemerintah Indonesia sebenarnya," ujar Mahfud, di kantornya pada Rabu.

Dia pun meminta kepada Rizieq Shihab melapor kepada Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi untuk menyelesaikan permasalahannya tersebut.

"Rizieq sendiri tidak pernah melapor tentang masalahnya, kita mendengarnya dari youtube dari medsos gitu, kalau tidak melapor bagaimana kita mau bertindak. Kedutaan Besar Indonesia dan Komjen RI di Jeddah itu kalau ada orang tabrakan aja kalau melapor dibantu, mau minta pulang dipulangkan, sakit dibawa ke rumah sakit," tambah dia.

"Kalau ini tidak melapor lalu kita turun tangan, nanti malah kita yang salah," jelas dia.

Ketua FPI RIzieq Shihab yang sejak setahun setengah lalu berada di Arab Saudi mengedicekal oleh pemerintah setempat sehingga tidak bisa keluar dari negara itu.

Rizieq menyatakan memiliki bukti bahwa pencekalan yang menyebabkan dirinya tidak bisa kembali karena permintaan Pemerintah Indonesia.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA