IHSG menguat tipis pada pembukaan perdagangan

Penguatan tipis terhadap IHSG ini masih diselimuti oleh awan kelabu ketidakpastian dari kelanjutan negosiasi dagang Amerika Serikat dan China yang masih kerap terlibat ketegangan perdagangan

IHSG menguat tipis pada pembukaan perdagangan

JAKARTA 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan pagi, Jumat, dibuka dengan penguatan tipis 0,07 persen ke level 6.203,10.

Penguatan tipis terhadap IHSG ini masih diselimuti oleh awan kelabu ketidakpastian dari kelanjutan negosiasi dagang Amerika Serikat dan China yang masih kerap terlibat ketegangan perdagangan.

Analis MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan aksi penantian pemberlakuan tarif baru atas produk-produk China yang masuk ke AS membuat indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) kembali turun 0,54 persen yang menjadi salah satu penurunan terburuk secara mingguan.

Penurunan tersebut terjadi bersamaan dengan kejatuhan harga minyak 0,66 persen, batu bara 1,09 persen, nikel 0,98 persen, timah 0,4 persen, dan CPO 1,57 persen.

“Ini menjadi faktor negatif untuk perdagangan di bursa Indonesia pada akhir pekan ini,” ujar Edwin kepada Anadolu Agency.

Pada sisi lain, Edwin menilai adanya rebound tipis di Bursa Asia dan Dow Futures pagi ini sedikit membawa angin segar bagi investor domestik. 

Dia mengatakan kondisi ini cocok untuk investor melakukan aksi beli saham dari sektor properti, retail, konsumer, infrastruktur, dan rokok.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA