AJI desak Presiden Jokowi tolak upaya DPR kebiri KPK

AJI juga mengecam sikap DPR yang telah memutuskan untuk merevisi UU KPK dengan memangkas sejumlah kewenangan lembaga anti-korupsi itu

AJI desak Presiden Jokowi tolak upaya DPR kebiri KPK

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mendesak Presiden Joko Widodo untuk tidak mengikuti langkah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memangkas kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui revisi UU KPK.

Ketua AJI Indonesia Addul Manan mengatakan Presiden bisa menolak perubahan pasal dari revisi UU nomor 30 tahun 2002 tentang KPK tersebut yang berpotensi memangkas kewenangan lembaga tersebut.

“Jokowi harus menunjukkan sikap jelas dalam semangat pemberantasan korupsi agar kelak tak dikenal dalam sejarah sebagai presiden yang ikut menghancurkan KPK,” kata Manan, Rabu, dalam pernyataan resmi.

AJI juga mengecam sikap DPR yang memiliki inisiatif merevisi UU KPK dengan memangkas sejumlah kewenangan lembaga anti-korupsi itu.

Sebab, kata Manan, sejumlah kewenangan KPK itu selama ini terbukti cukup efektif untuk melakukan pemberantasan korupsi.

Langkah DPR ini lebih menunjukkan sikap melawan balik lembaga ini karena adanya sejumlah politisi yang ditangkap KPK, ucap dia.

“Ini kian menunjukkan bahwa DPR tak menunjukkan komitmen yang diamanatkan gerakan reformasi 1998, yang salah satunya adalah memerangi korupsi,” tegas Manan.

Dengan alasan tersebut, AJI mendesak para politisi di DPR untuk menjalankan fungsinya dalam melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan KPK dengan menjadikan rekam jejak serta komitmen anti-korupsi sang calon sebagai tolok ukur dalam menentukan pilihan.

DPR perlu menunjukkan komitmennya kepada orang-orang yang memilihnya dengan cara tidak mendukung calon-calon yang memiliki rekam jejak tidak baik atau komitmennya diragukan dalam soal pemberantasan korupsi, kata Manan.

AJI mengajak media mengawasi secara ketat seleksi calon pimpinan KPK yang berlangsung di DPR, untuk memastikan bahwa calon yang dipilih merupakan calon yang memiliki rekam jejak baik dan punya semangat jelas memerangi korupsi.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA