Aceh akan gelar peringatan 480 tahun hubungan dengan Turki

Peringatan ini untuk menginformasikan generasi muda bahwa Aceh pernah menjalin hubungan erat dengan Kesultanan Turki Utsmani

Aceh akan gelar peringatan 480 tahun hubungan dengan Turki

JAKARTA

Masyarakat Aceh akan menggelar peringatan 480 tahun hubungan Aceh-Turki pekan depan di Banda Aceh.

Acara ini digelar oleh Ikatan Persaudaraan Aceh dan Turki dan dihadiri langsung oleh Wali Kota Banda Aceh, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Turki, Ikatan Masyarakat Aceh Turki (IKAMAT), dan blogger Turki.

Koordinator acara Teuku Farhan mengatakan acara ini digelar guna menginformasikan generasi muda bahwa Aceh pernah menjalin hubungan erat dengan Kesultanan Turki Utsmani.

“Warisan fakta sejarah ini perlu diperkenalkan kembali dengan cara saling memperkuat kerja sama sektor pendidikan, khususnya pertukaran pelajar, penelitian, informasi sejarah dan budaya antara Indonesia dan Turki,” kata Farhan kepada Anadolu Agency pada Rabu.

Farhan mengatakan kolaborasi Indonesia dan Turki yang memiliki banyak persamaan akar sejarah dan budaya akan mampu menjadikan kedua negara menjadi teladan bagi negara lain.

Apalagi, kata dia, Turki kini sangat unggul dalam bidang teknologi dan pariwisata halal di kawasan Eropa.

Indonesia, lanjut Farhan, juga sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata sebagai salah satu sektor ekonomi unggulan.

“Indonesia akan maju pesat jika dapat menjadikan Turki sebagai mitra utama dalam pembangunan,” kata Farhan yang juga pemimpin redaksi majalah Sicupak, yang mengulas sejarah, budaya Aceh dan Turki.

Farhan mengatakan acara ini akan diisi dengan doa, zikir bersama dan pidato sejarah dari Guru Besar UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim.

Kegiatan ini juga akan dihadiri dua blogger Turki, Edanur Yildiz dan Elif Kübra genç yang saat ini sedang berkunjung ke Pulo Aceh dalam kegiatan bakti sosial "Mentari dari Turki".

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA