17 ekor paus terdampar di Pantai Koloudju, Nusa Tenggara Timur

Pada 2013 lalu, ada sekitar 44 ekor paus terdampar di lokasi yang sama

17 ekor paus terdampar di Pantai Koloudju, Nusa Tenggara Timur

17 ekor paus terdampar di Pantai Kolo Udju, Desa Menia, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis siang.

Kepala Seksi Pemberdayaan Nelayan dan Infrastruktur Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sabu Raijua, Dedy Syamhadi mengatakan dari 17 ekor paus yang terdampar, dan sebanyak 7 di antaranya mati.

Sementara itu, 10 ekor paus lainnya dilepas kembali ke laut oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sabu Raijua bersama-sama masyarakat.

"Yang 7 paus sudah mati, dikubur di pantai itu, 10 paus yang hidup kita dorong ke laut," kata Dedy, saat dihubungi Anadolu Agency, pada Jumat.

Dedy mengatakan dinas Kelautan tidak memiliki alat untuk menangani paus yang terdampar. Sehingga mereka sekadar menggotong paus dan mendorongnya ke laut.

Menurut Dedy, terdamparnya paus tersebut seringkali terjadi setiap tahunnya.

Pada 2013 lalu, ada sekitar 44 ekor paus terdampar di lokasi yang sama. Dan pada tahun 2018 ada seekor paus juga terdampar di lokasi itu.

Dedy tidak mengetahui seringnya paus terdamparnya di lokasi ini. Tim dari dari Balai Konservasi telah berada di lokasi untuk menyelidiki peristiwa ini.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA