JABAR Habibie Festival 2018 Resmi Dibuka Hari Ini

Bertempat di Panggung Utama Telkom University Convention Hall Bandung, JABAR Habibie Festival 2018, hari ini (30/11) resmi dibuka dan akaan diselenggarakan sampai Minggu 2 Desember 2018. Pembukaan festival inovasi dan teknologi terbesar di Indonesia itu dilakukan oleh Ilham Akbar Habibie, Founder & Habibie Festival, Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang didampingi Dr. Dida Diah Damajanti, Vice Rektor Telkom University ,Wan Zaleha, Direktur Orbit Ventura Indonesia, Sachin V. Gopalan, Co Founder & CEO Habibie Festival, PT Orbit Ventura Indonesia, serta Haris Abdullah Marketing Director PT. Orbit Ventura Indonesia.

JABAR Habibie Festival 2018 Resmi Dibuka Hari Ini

Jakarta, 30 November 2018. Bertempat di Panggung Utama Telkom University Convention Hall Bandung, JABAR Habibie Festival 2018, hari ini (30/11) resmi dibuka dan akaan diselenggarakan sampai Minggu 2 Desember 2018. Pembukaan festival inovasi dan teknologi terbesar di Indonesia itu dilakukan oleh Ilham Akbar Habibie, Founder & Habibie Festival, Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat yang didampingi Dr. Dida Diah Damajanti, Vice Rektor Telkom University ,Wan Zaleha, Direktur Orbit Ventura Indonesia, Sachin V. Gopalan, Co Founder & CEO Habibie Festival, PT Orbit Ventura Indonesia, serta Haris Abdullah Marketing Director PT. Orbit Ventura Indonesia.
Habibie Festival merupakan perayaan peran dan kontribusi Bacharuddin Jusuf Habibie (B.J. Habibie) sebagai sosok figur nasional, bapak bangsa, mentor komunitas, dan ikon ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia. Festival ini juga menjadi wadah bagi industri IPTEK untuk memperkenalkan produk-produk inovatif mereka kepada masyarakat luas.
Penyelenggaraan Habibie Festival pertama berlangsung 4 (empat) hari di Museum Nasional, Jakarta Tahun 2016, mampu menyerap kunjungan hingga lebih dari 56.000 orang. Di penyelenggaraan keduanya dan ketiga tahun 2017 dan 2018 diselenggarakan di JIEXPO tercatat lebih dari 250.000 orang hadir. Tahun 2018 Habibie Festival melakukan ekspansi ke Luar Jakarta seperti Batam, Solo dan diakhir tahun 2018 dilakukan di Bandung Jawa Barat
“Kita perlu menurunkan penghalang teknologi sehingga orang tidak takut untuk belajar tentang teknologi dan inovasi. Sudah terbukti masyarakat Indonesia itu tidak gaptek, bahkan fasih menggunakan teknologi sehingga haus akan informasi yang terkait IPTEK. Tujuan kami adalah menjadikan teknologi sebagai bagian dari budaya. Inilah upaya kami membudayakan teknologi," tutur Ilham Akbar Habibie, Founder & Festival Chairman Habibie Festival 2018.
Pernyataan Ilham di amini oleh Ridwan Kamil, dan untuk Jawa Barat dalam 5 tahun berencana memiliki 2 Identitas yaitu :

1. Provinsi Pariwisata dengan 27 destinasi baru di seluruh Jawa Barat
2. Provinsi Digital dan Technology, ini sangat membutuhkan kerjasama investor untuk berkolaborasi
“ Masalah utama dari Jawa Barat adalah ketimpangan. Di Jawa Barat ada sekitar 5000 desa. Menengah bawah dan atas yang berketimpangan secara wilayah (akan dikembangan desa, satu desa akan dibangun satu perusahaan untuk menerima orderan CEO nya adalah fresh graduate) Problemnya itu, kurangnya transportasi namun terbalik dengan kegiatannya yang banyak. Maka dari itu akan mengembangkan transportasi yang dapat berinovasi sesuai dengan kebutuhan2 warga desa”.
Selain itu lebih dari 120 lebih mitra akan mendukung JABAR Habibie Festival tahun ini. Mereka adalah inovator Indonesia yang bekerja keras mengubah kualitas hidup masyarakat, di antaranya
Bank BJB, PT. Dirgantara Indonesia, Regio Aviasi Industri, PT. Telkom Indonesia, Kalebr, PT Telkomsel, Bank Mandiri, Politeknik Transportasi Sungai danau dan penyeberangan Palembang, KemenHub, Wuling, Mitsubishi dan masih banyak lagi. Beberapa institusi seperti CATEC, Yayasan Inotek, Brother Wood dan lain-lain juga hadir berkontribusi. Lebih dari 100 komunitas turut berpartisipasi dalam kegiatan. Festival tahun ini diproyeksikan mampu menyedot atensi masyarakat untuk datang dan menjadi saksi atas beragam pencapaian IPTEK dan inovasi di Indonesia. Ditargetkan jumlah pengunjung yang hadir dalam festival ini sebanyak 10.000 orang.
JABAR Habibie Festival 2018 akan berlangsung pada 30 November -2 Desember 2018, mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB. Festival ini diadakan secara GRATIS untuk seluruh kelompok masyarakat, mulai dari pelajar dan guru, remaja, orang tua, hingga manula.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA