FIFA dan ASEAN tandatangani MoU pengembangan sepakbola di kawasan

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato’ Lim Jock Hoi dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi ke-35 ASEAN di Bangkok, Sabtu

FIFA dan ASEAN tandatangani MoU pengembangan sepakbola di kawasan

Asosiasi federasi sepak bola internasional (FIFA) bersama dengan asosiasi negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) menandatangani nota kesepahaman (MoU) pengembangan dan peningkatan sepak bola dengan tujuan mendorong pembangunan sosial serta gaya hidup sehat di kawasan.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino dan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato’ Lim Jock Hoi dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi ke-35 ASEAN dan disaksikan oleh para pemimpin negara-negara ASEAN di Bangkok, Sabtu.

Infantino mengatakan penandatanganan MoU memberikan dia kepuasan pribadi yang besar untuk mengumumkan adanya kesepakatan aliansi strategis dengan ASEAN.

“Sejak awal kepresidenan saya, saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi daerah itu pada banyak kesempatan dan setiap kali saya dikejutkan oleh hasrat olahraga yang dihasilkan oleh orang-orang di sini,” ujar Infantino.

Dia menambahkan, kolaborasi dengan FIFA bertujuan untuk membangun semangat olahraga dan menggunakan sepak bola sebagai pendorong pengembangan sosial, integrasi, dan nilai-nilai olahraga di seluruh wilayah.

Infantino menambahkan selama tahun lalu, FIFA telah terlibat dalam kolaborasi dengan sejumlah lembaga internasional utama, seperti G20, Dewan Eropa, Uni Afrika, Badan Pembangunan Prancis, dan beberapa lembaga PBB.

“Perjanjian dengan ASEAN adalah kesaksian sekali lagi untuk kredibilitas baru FIFA sebagai mitra yang dapat dipercaya di kancah internasional,” tambah Infantio.

Sekjen ASEAN Dato’ Lim mengatakan bahwa sepak bola dan olahraga secara umum adalah cara strategis menyatukan orang, mempromosikan konektivitas antar-masyarakat dan menjadikan ASEAN lebih kuat sebagai satu komunitas.

“Sebagaimana diamanatkan oleh sepuluh negara anggota ASEAN, merupakan kehormatan bagi saya untuk mengumumkan kemitraan ASEAN dengan FIFA, melalui penandatanganan nota kesepahaman ini,” kata Sekretaris Jenderal Dato’ Lim.

Dato’ Lim mengatakan MoU baru ini mencakup berbagai bidang kolaborasi dengan fokus yang kuat pada pendidikan, khususnya melalui implementasi Program Sepak bola FIFA guna mengembangkan keterampilan hidup dan pendidikan jasmani melalui sepak bola untuk anak laki-laki dan perempuan di sekolah-sekolah di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Aliansi ini juga akan mengembangkan kolaborasi FIFA dan ASEAN dalam penerapan strategi bersama untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan partisipasi inklusif dalam sepak bola, terutama bagi perempuan dan komunitas yang terpinggirkan.

Dia menambahkan bidang yang menjadi fokus utama lainnya dari kerja sama ini adalah promosi perlindungan anak dalam sepak bola serta peningkatan integritas olahraga dengan meningkatkan kesadaran akan permainan yang bersih dan adil, perang melawan manipulasi pertandingan, dan anti-doping.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA