Telenor, Axiata akan satukan bisnis di Asia

Merger kedua perusahaan ini akan membuat perusahaan bernilai lebih dari RM50 miliar

Telenor, Axiata akan satukan bisnis di Asia

JAKARTA

Merger antara Axiata Group Axiata dan Telenor ASA (Telenor) akan menciptakan perusahaan yang beroperasi di kawasan ASEAN dan Asia Selatan dengan pendapatan lebih dari dari RM50 miliar, seperti dilansir The Star, Senin.

Axiata mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin bahwa laba entitas yang baru merger (MergedCo) sebelum bunga, pajak, depresiasi & amortisasi (Ebitda) akan lebih dari RM20 miliar. Telenor Group memiliki 49 persen saham di Digi.com.

MergedCo akan memiliki anak perusahaan yang beroperasi yang dikendalikan di sembilan negara dengan total populasi gabungan lebih dari satu miliar orang dan 300 juta pelanggan.

"Dengan portofolionya yang unik, MergedCo akan menjadi salah satu grup telekomunikasi terbesar di kawasan dalam hal nilai, pendapatan, dan laba, dan dengan neraca yang diperkuat untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansi yang agresif di konsumen, rumah, perusahaan dan IoT / segmen pasar kecerdasan buatan (AI), ”kata Axiata.

Mereka akan beroperasi pada enam negara dengan posisi nomor satu, dua negara dengan posisi nomor dua dan satu pasar dengan posisi ketiga di pasar masing-masing.

Secara terpisah, Robi Axiata anak perusahaan Axiata yang beroperasi di Bangladesh akan terus dikelola setelah penyelesaian transaksi ini.

“Transaksi yang diusulkan bertujuan agar MergedCo bisa menyatukan operasi Axiata dan Telenor di Asia. Ini kombinasi unik dari skala, kompetensi dan pengalaman luas dalam memimpin dan mengelola pasar.

“Para pihak juga telah menyatakan niat mereka untuk mendaftarkan merger di Bursa Malaysia.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA