Rupiah menguat pada malam setelah pilpres

Penguatan rupiah ini karena kondisi yang kondusif di lapangan setelah proses pemilihan berlangsung

Rupiah menguat pada malam setelah pilpres

JAKARTA

Nilai tukar rupiah menguat ke level Rp13.985 per USD berdasarkan data dari Reuters pada malam hari setelah pemilihan umum presiden dan legislatif, Rabu, pukul 19.45 WIB.

Nilai tukar ini menjadi level terkuat rupiah pada hari ini seiring dengan mulai keluarnya hasil pemenang pemilihan presiden versi Quick Count yang dilakukan oleh berbagai lembaga survei dengan hasil sementara Presiden Petahana Joko Widodo memenangi pemilihan.

Titik terendah rupiah pada hari ini berada pada level Rp14.080. Pengamat mengatakan penyelenggaraan pemilu di Indonesia tidak akan terlalu banyak berpengaruh negatif pada kondisi perekonomian termasuk nilai tukar dan IHSG karena investor menganggap kondisi perpolitikan di Indonesia relatif aman dan damai.

Panel Ahli Katadata Insight Center (KIC) Wahyu Prasetyawan yang mengatakan berdasarkan survei KIC, 67,1 persen investor menilai kondisi politik di dalam negeri masih stabil. 18,8 persen menilai netral, dan 14,1 persen menganggap politik dalam negeri tidak stabil.

Survei tersebut melibatkan 255 responden investor institusi manajemen investasi, dana pensiun, dan asuransi yang mengelola dana lebih dari Rp700 triliun.

Sementara itu, Analis CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa penguatan rupiah ini karena kondisi yang kondusif di lapangan setelah proses pemilihan berlangsung.

“Tidak ada pengerahan massa maupun kegiatan anarkis dan diharapkan kondisi kondusif ini berlangsung hingga akhir penghitungan suara,” lanjut dia.

Reza mengatakan asumsi dasarnya adalah apabila kondisi politik stabil, maka kondisi ekonomi akan terjaga.

"Tapi harus lihat kondisi ekonomi globalnya juga," tambah Reza.

Menurut dia, market saham di AS juga sedang positif seiring dengan earning seasons. Jadi, permintaan di pasar saham cenderung meningkat dan preferensi di USD berkurang.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA