Presiden memastikan pembangunan fasilitas dan infrastruktur Moto GP di Mandalika

Presiden Jokowi berharap persiapan pendukung ajang olahraga tersebut dapat segera selesai

Presiden memastikan pembangunan fasilitas dan infrastruktur Moto GP di Mandalika

JAKARTA

Presiden Joko Widodo mengaku ingin memastikan pembangunan fasilitas dan infrastruktur penyelenggaraan Moto GP di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat.

Jokowi sapaan akrab Joko Widodo berharap persiapan pembangunan ajang olahraga tersebut dapat selesai.

"Kita juga ingin fasilitas yang berkaitan dengan Moto GP 2021 itu juga segera dikerjakan. Airport sudah, jalan sudah penetapan lokasi sehingga kita harapkan konstruksi paling lambat itu di Januari 2020," ujar Jokowi, saat berada di Ikon Pantai Kuta, Mandalika.

Selain itu dia juga ingin meninjau pembangunan sejumlah fasilitas dasar bagi kawasan Mandalika.

Kawasan tersebut sebelumnya telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014.

"Saya ingin melihat perkembangan dari Mandalika. Pak Dirut (ITDC) menyampaikan hotelnya sudah ada tujuh hotel yang sewa dan tiga yang dibangun. Intinya sebuah perkembangan yang sangat bagus," kata Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mendapat penjelasan mengenai perkembangan pembangunan fasilitas umum seperti toilet bagi para wisatawan, penyediaan air bersih, termasuk infrastruktur dasar lain seperti ketersediaan listrik dan pengolahan limbah.

"Fasilitas di sini juga sudah mulai dibangun tadi. Coba nanti dilihat toilet umumnya seperti apa standarnya," tutur dia.

Presiden menegaskan, pembangunan kawasan pariwisata Mandalika dan penyelenggaraan MotoGP ini merupakan upaya untuk menggerakkan perekonomian wilayah sekitar.

Nantinya, peningkatan perekonomian di wilayah Lombok juga diharapkan akan meningkatkan perekonomian nasional.

"Kita mengharapkan ini nanti ada sebuah titik pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat nasional nanti bisa memberikan support pada pertumbuhan ekonomi nasional," tutur dia.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA