Optimisme konsumen pada Mei meningkat

Optimisme konsumen yang tetap baik didorong oleh kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE), terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama

Optimisme konsumen pada Mei meningkat

JAKARTA

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Mei 2019 mengindikasikan bahwa optimisme konsumen meningkat dengan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) bulan Mei sebesar 128,2.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan indeks tersebut sedikit meningkat dibandingkan dengan IKK bulan sebelumnya sebesar 128,1.

“Optimisme konsumen yang tetap baik didorong oleh kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE), terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama,” jelas Onny dalam keterangan resmi, Rabu.

Onny mengungkapkan IKE pada bulan Mei meningkat 2,1 poin dari bulan sebelumnya menjadi 113,5 sedangkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pada Mei sedikit turun 1,9 poin dari bulan sebelumnya menjadi 142,9.

“Hal ini dipengaruhi oleh penurunan ekspektasi terhadap penghasilan dan kegiatan usaha pada 6 bulan ke depan,” tambah dia.

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga dalam 6 bulan mendatang (November 2019) diperkirakan meningkat.

Menurut Onny, peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh permintaan konsumen terhadap barang dan jasa yang diperkirakan meningkat menjelang akhir tahun.

Peningkatan tekanan harga dalam 6 bulan mendatang terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 6 bulan mendatang yang meningkat menjadi 158,9 pada bulan Mei dari indeks bulan sebelumnya yang sebesar 155,8.

Onny menguraikan secara spasial, tekanan kenaikan harga pada 6 bulam mendatang diperkirakan meningkat di 12 kota dengan peningkatan tertinggi terjadi di Pontianak sebesar 34 poin dan Semarang 17 poin.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA