Maskapai asing belum layani rute penerbangan domestik Indonesia

Marak beredar di sosial media informasi bahwa maskapai China Airlines kode booking CI 9798 melayani rute penerbangan Jakarta-Makassar

Maskapai asing belum layani rute penerbangan domestik Indonesia

JAKARTA

Kementerian Perhubungan membantah rumor yang menyebutkan bahwa maskapai asing sudah melayani rute penerbangan domestik.

Marak beredar di sosial media informasi bahwa maskapai China Airlines kode booking CI 9798 melayani rute penerbangan Jakarta-Makassar dengan harga tiket kelas bisnis sekitar Rp5 jutaan.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Hengki Angkasawan mengatakan informasi yang beredar tersebut merupakan code sharing penerbangan antara Garuda Indonesia dan China Airlines dalam kerangka kerja sama Sky Team.

“Praktik code sharing merupakan hal yang lazim di industri penerbangan,” jelas Hengki di Jakarta, Jumat.

Hengki menjelaskan dalam konteks tersebut, maskapai China Airlines menjual tiket penerbangan ke Jakarta dan Makassar serta melayani penerbangan dari China ke Jakarta.

Kemudian, penerbangan selanjutnya dari Jakarta ke Makassar menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA654.

“Garuda juga melakukan hal yang sama saat menjual penerbangan ke China. Kemudian untuk penerbangan domestik di China menggunakan maskapai domestik mereka,” urai dia.

Hengki menambahkan kerja sama tersebut merupakan kerja sama B to B antar-maskapai dan tetap tidak melanggar asas cabotage dalam industri penerbangan.

Sebagai informasi, asas cabotage merupakan kesepakatan dunia yang tertulis dalam pasal 7 Konvensi Chicago tahun 1994.

Dalam pasal tersebut tertulis bahwa setiap negara berhak menolak untuk memberikan izin kepada pesawat milik negara lain untuk mengambil penumpang, pos, dan kargo dengan mendapatkan bayaran atau sewa di wilayah negaranya.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA