Mahathir minta negaranya bertindak nyata saat pimpin APEC 2020

Chili akan menyerahkan keketuaan APEC ke Malaysia pada November tahun ini

Mahathir minta negaranya bertindak nyata saat pimpin APEC 2020

JAKARTA

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad meminta negaranya menunjukkan komitmen kuat untuk menghasilkan langkah nyata saat memimpin Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada 2020, lansir Bernama.

Mahathir menyampaikan pesan ini ketika menerima telepon kehormatan dari direktur eksekutif APEC Rebecca Fatima Sta Maria dan direktur program Malaysia di Sekretariat APEC Nurulaina Nadzeri.

Chili akan menyerahkan keketuaan APEC ke Malaysia pada November tahun ini.

Rebecca mengatakan Mahathir sangat gembira atas posisi ini, sebagai cara agar negara Malaysia bergerak maju.

“Ini akan menjadi tahun yang penting tidak hanya untuk Malaysia tetapi juga untuk APEC karena kita akan melihat penyelesaian Bogor Goals,” kata dia.

Pada 1994 di Bogor, Indonesia, para Pemimpin APEC mengadopsi rencana jangka panjang dalam perdagangan bebas dan investasi di antara negara-negara Asia-Pasifik.

Batas waktu yang ditentukan tidak lebih dari tahun 2020.

Rebecca mengatakan sekretariat APEC akan mendukung pemerintah Malaysia.

"Yang harus mereka lakukan adalah mengatakan dukungan apa yang mereka butuhkan dari kami dan kami akan melakukannya,” kata Rebecca.

Rebecca mengatakan setelah pertemuan Pemimpin APEC yang dijadwalkan pada pertengahan November tahun ini, sekretariat harus bekerja dengan semua anggota lainnya untuk mengeluarkan formulasi baru untuk APEC.

“Serah terima resmi adalah November ini ketika Chili menyelesaikan kepemimpinan, sehingga Malaysia akan mengambil alih,” kata dia.

Malaysia menjadi tuan rumah pertemuan APEC pertamanya pada tahun 1998.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA