Laporan: Perusahaan Kushner menerima dana asing USD90 juta

Aliran dana ini menimbulkan pertanyaan seputar konflik kepentingan yang dilakukan oleh Kushner, menantu dan penasehat senior Presiden Donald Trump

Laporan: Perusahaan Kushner menerima dana asing USD90 juta

WASHINGTON 

Sebuah perusahaan yang diduga dimiliki oleh menantu presiden Donald Trump, Jared Kushner, telah menerima dana asing sebesar USD90 juta sejak 2017, ketika dia bertugas di gedung putiuh sebagai penasehat senior.

Kasus ini menimbulkan pertanyaan seputar adanya konflik kepentingan di gedung putih, demikian sebuah laporan media Inggris, Guardian.

Menurut Guardian, perusahaan bernama Cadre, telah menerima dana dari perusahaan misterius yang tercatat di daerah surga pajak Caymand Island dan dikendalikan oleh perusahaan keuangan Golman Sachs.

Kushner diduga memiliki kepemilikan di Cadre senilai sekitar USD50 juta, berdasarkan dokumen keterbukaan keuangan milik Kushner yang direview oleh Guardian.

"Ini dapat menyebabkan masyarakat AS khawatir, apakah dia dipengaruhi pihak lain," kata Jessica Tillipman, pengajar di fakultas hukum George Washington University yang mengajar etika pemerintahan dan hukum anti korupsi.

Kushner pada awalnya menolak diberlakukan izin keamanan yang bertujuan untuk mengurangi potensi konflik kepentingan terhadap besarnya jaringan bisnisnya, namun kebijakan itu ditolak oleh presiden Trump.

Pejabat Gedung Putih maupun penasehat hukum Kushner tidak memberikan komentar dan tanggapan kepada Guardian.

Kushner dikabarkan masih menahan sahamnya di Cadre sekitar kurang lebih 25 persen, namun perusahaan mengatakan Kushner tidak aktif terlibat dalam operasional perusahaan. Perusahaan itu didirikan bersama saudara kandungnya, Joshua Kushner, dan sahabatnya Ryan William.

Perusahaan itu mengelola investasi sekitar US$522 juta, berdasarkan dokumen keuangan tertanggal akhir Maret yang direview oleh Guardian.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA