Kadin tidak khawatir ekspansi pengembang asing ke Indonesia

Sebagian besar pengembang di Indonesia merupakan pengembang yang membangun perumahan sederhana sehingga sulit dijangkau pengembang asing

Kadin tidak khawatir ekspansi pengembang asing ke Indonesia

Pengusaha dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengatakan tidak khawatir dengan kemungkinan adanya ekspansi pengembang perumahan asing ke Indonesia.

Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Perundang-undangan dan Kebijakan Properti Eddy Hussy mengatakan di era globalisasi ini tidak bisa lagi melarang pengusaha asing untuk masuk dan berinvestasi di Indonesia, termasuk pada sektor properti.

“Kita tidak khawatir karena pengembang kita cukup handal dan tahan banting untuk bisa bersaing dengan pengembang asing,” ujar Eddy, dalam diskusi properti di Jakarta, Rabu.

Selain itu, sebagian besar pengembang di Indonesia merupakan pengembang yang membangun perumahan sederhana sehingga sulit untuk dimasuki oleh pengembang asing.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Pengembang Permukiman Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaja mengatakan tidak mudah bagi pengembang asing untuk masuk ke pembangunan perumahan kelas menengah ke bawah atau untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Perusahaan lokal yang belum pernah masuk ke sektor MBR saja akan kesulitan tanpa menggandeng pemain yang sudah biasa main di kalangan bawah,” ujar Endang.

Dia menambahkan investasi dari pengembang asing tidak lagi berorientasi pada profit, melainkan pada pengembangan komunitas, sehingga pengembang asing hanya akan menginvestasikan uangnya untuk mengembangkan perumahan MBR.

“Jadi kalau uang yang masuk ke sektor MBR, tidak perlu khawatir,” lanjut Endang.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA