Jerman incar kerja sama ekonomi yang lebih dekat dengan Turki

Stabilitas ekonomi Turki adalah kepentingan Jerman, kata Sekretaris Negara Oliver Wittke

Jerman incar kerja sama ekonomi yang lebih dekat dengan Turki

BERLIN 

Jerman dan Turki sedang mengupayakan hubungan ekonomi yang lebih dekat dan telah membentuk lima kelompok kerja bersama untuk meningkatkan kerja sama, kata seorang pejabat senior pemerintah.

Oliver Wittke, Sekretaris Negara Parlemen di Kementerian Federal untuk Urusan Ekonomi dan Energi, mengatakan kepada wartawan bahwa Turki tetap menjadi negara yang penting bagi perusahaan dan investor Jerman.

"Adalah kepentingan Jerman untuk melihat bahwa perekonomian Turki berjalan baik, karena kami adalah mitra dagang terpenting Turki," kata Wittke.

"Kita dapat melakukan lebih banyak bisnis dengan Turki, jika ada perkembangan ekonomi yang baik dan positif di negara itu," tambah dia.

Wittke mengatakan energi terbarukan, teknologi canggih dan kecerdasan buatan adalah bidang yang menawarkan kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

Dia mengatakan lima kelompok kerja bersama dalam industri, perdagangan, infrastruktur, pariwisata dan proyek kemitraan di negara ketiga, telah meningkatkan upaya mereka dalam beberapa pekan terakhir, menjelang konferensi bersama tentang ekonomi dan perdagangan yang direncanakan tahun ini.

Jerman masih menjadi mitra ekonomi dan perdagangan utama Turki.

Pada 2018, volume perdagangan bilateral sedikit menurun menjadi EUR32,5 miliar (Rp518,1 triliun) dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, sekitar 7.500 perusahaan Jerman saat ini aktif beroperasi di Turki.


TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA