Investasi tak menarik karena banyak undang-undang ketinggalan zaman

Setidaknya ada 70 aturan perundang-undangan yang dianggap memberatkan investasi sehingga perlu diperbarui atau bahkan dihapus

Investasi tak menarik karena banyak undang-undang ketinggalan zaman

Kementerian Keuangan mengatakan banyak undang-undang di Indonesia yang ketinggalan zaman karena dibuat pada tahun 1970-1990 bahkan sejak zaman kolonial sehingga membuat investasi di Indonesia kurang menarik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan setidaknya ada 70 aturan perundang-undangan yang dianggap memberatkan investasi sehingga perlu diperbarui atau bahkan dihapus.

“Produk undang-undang zaman kolonial Belanda mindsetnya adalah untuk kepentingan koloni, bukan untuk serve the people atau memperbaiki lingkungan ekonomi agar kesempatan kerja dan investasi tercipta,” jelas Menteri Sri Mulyani dalam diskusi di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, Presiden telah meminta kabinet pemerintahan untuk fokus melakukan perbaikan peraturan untuk memperbaiki iklim investasi di Indonesia.

Selain itu, kualitas birokrasi juga perlu dibenahi agar memiliki pola pikir untuk melayani dan mempermudah, bukan untuk mempersulit orang lain.

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dalam waktu 1 bulan ini kantor Sekretariat Kabinet dan Kementerian Koordinator Perekonomian untuk mengharmonisasi dan mengubah peraturan yang sudah tidak relevan dan menghambat investasi.

“Kita buat matrik se ASEAN ini kita paling rumit untuk investasi karena peraturan perizinan makanya investor pada lari ke tempat lain,” ungkap Menteri Luhut.

Dia menambahkan akibat dari sulitnya perizinan membuat banyak kasus penangkapan oleh aparat hukum akibat penyuapan dari investor kepada pejabat untuk mempermudah perizinan.

“Sistem kita masih memungkinkan peluang orang untuk menahan izin sehingga yang mau usaha itu bingung dan menimbulkan ketidakpastian dan malas untuk investasi di Indonesia,” jelas Menteri Luhut.

Dia menegaskan apabila kepastian perizinan untuk investasi di Indonesia sudah memiliki aturan yang jelas, maka investor pasti akan berbondong-bondong masuk ke Indonesia.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA