Indonesia terus lobi Eropa terkait produk sawit

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan sudah melakukan pembicaraan dengan Duta Besar Perancis terkait masalah sawit

Indonesia terus lobi Eropa terkait produk sawit

JAKARTA

Indonesia terus berupaya meyakinkan Eropa agar dapat menerima produk sawit asal Indonesia dan menghentikan kampanye hitam tentang sawit.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan sudah melakukan pembicaraan dengan Duta Besar Perancis terkait masalah sawit.

“Kita juga akan bertemu dengan Duta Besar Uni Eropa dan Duta Besar kita di Eropa untuk melakukan pembicaraan,” ungkap Menteri Enggar di Jakarta, Senin.

Pada November tahun lalu, Indonesia juga sudah melakukan protes dan meminta Uni Eropa menghentikan kampanye hitam produk kelapa sawit melalui Wakil Tetap RI untuk Kantor PBB, WTO, dan Organisasi Internasional Hasan Kleib di Jenewa, Swiss.

Dalam protes tersebut, Indonesia meminta Uni Eropa menghentikan label ‘bebas minyak sawit’ pada produk impor karena dianggap diskriminatif.

“Ini dirasa tidak adil karena mendiskriminasi produk kosmetik impor (karena mengandung sawit). Kondisi ini dilarang dalam perjanjian WTO,” tegas Hasan.

Argumentasi Eropa yang meminta produk bebas minyak sawit menurut dia, bersifat ambigu karena tidak menyertakan bukti ilmiah terkait dampak negatif minyak sawit saat digunakan ataupun dikonsumsi bagi kesehatan.

TAMBAHKAN KOMENTAR
BERITA BERIKUTNYA